Senin, 31 Oktober 2011

Magister Manajemen (MM)

Magister Manajemen (MM) Terakreditasi A
SK BAN 006/BAN-PT/Ak-V/S2/VIII/2006

Program Studi Magister Manajemen (MM), yang didirikan pada tahun 1993 dan sampai saat ini telah memiliki alumni sekitar 1500 orang lebih dan mahasiswa yang aktif mencapai sekitar 400 orang. Alumni Program Studi MM sangat unik karena memiliki berbagai karakter, yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi dan era informatika, karena pendidikannya diarahkan agar alumni memiliki kemampuan menulis, kemampuan membaca dan kemauan belajar yang tinggi.

Komitmen Program Pascasarjana tidak diragukan lagi, baik menyangkut kualitas pendidikan yang sanggup bersaing, biaya pendidikan diusahakan terjangkau oleh masyarakat dan pelayanan yang efisien. Pelayanan selalu diusahakan prima. Program Pascasarjana selalu mengkaitkan kegiatan belajar mengajar untuk pembentukan leadership, intergritas dan pengembangan kompetensi alumni. Dengan pengalaman pengelolaan pendidikan selama sepuluh tahun dan komitmen pengelola yang tinggi terhadap kualitas, maka didirikan berbagai program studi lainnya.

Kurikulum
 Semester I 
1. Ekonomi Manajerial  
3 SKS
2. Manajemen Pemasaran
3 SKS
3. Manajemen Keuangan
3 SKS
4. Manajemen Sumber Daya Manusia
3 SKS


 Semester II (Konsentrasi) *  
1. Mata Kuliah Konsentrasi 1   
3 SKS
2. Mata Kuliah Konsentrasi 2
3 SKS
3. Metodologi Riset** 
3 SKS
4. Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
3 SKS


Semester III    
1. Manajemen Operasional
3 SKS
2. Manajemen Stratejik
3 SKS
3. Mata Kuliah Pilihan Umum 
3 SKS
    Mata Kuliah Pilihan Umum:    

a.  Metode Kuantitatif    

b. Teori Pengambilan Keputusan    

c. Studi Kelayakan Bisnis   



Semester IV    
 Tesis
6 SKS
Total  39 SKS

*Dipilih tergantung konsentrasi

** Sesuai konsentrasi

Konsentrasi

Dalam rangka penyesuaian kebutuhan dalam dunia bisnis, perlu peningkatan sumber daya manusia yang mampu mengelola aspek-aspek bisnis, dalam suatu perusahaan yang bersaing baik dalam pasar nasional maupun internasional. Program MM UEU menawarkan konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut yaitu:
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Keuangan
3. Manajemen Pemasaran
4. Manajemen Rumah Sakit
5. Wealth Management
6. Manajemen Pendidikan

1. Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan aset yang aktif dalam penciptaan perusahaan. Pemanfaatan dorongan kesungguhan bersaing sumber daya manusia di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan baik lokal maupun internasional memerlukan analisis yang tajam sehingga pemanfaatannya dapat betul-betul optimal. Pemahaman akan sumber daya manusia, melalui teknik analisis fisik serta psikologis maupun dalam merumuskan motivasi kepada karyawan dan memerlukan pendekatan-pendekatan multidisiplin. Sesuai dengan perkembangan teknologi di segala bidang, maka pengelolaan sumber daya manusia serta pengembangannya memerlukan pendekatan-pendekatan yang tepat. Pada konsentrasi ini semua pengetahuan maupun praktek dan teknologi sumber daya manusia diberikan secara komprehensif

Mata Kuliah
 Manajemen Kinerja  Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik Perilaku Organisasi
Metodologi Riset Sumber Daya Manusia  Perencanaan Sumber Daya Manusia
 Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi   Sistem Informasi SDM



2. Konsentrasi Manajemen Keuangan
Dalam konsentrasi manajemen keuangan diberikan analisis strategi serta mengerti fungsi utama dan keputusan penting yang harus diambil seorang manager keuangan, dan diharapkan menguasai konsep manajemen keuangan & teknik yang diperlukan untuk mengimplementasikan konsep tersebut dalam dunia nyata.

Mata Kuliah
Manajemen Keuangan Internasional  Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
 Analisis Investasi dan Manajemen Resiko Institusi Depositori dan Pasar Modal
Metodologi Riset Keuangan  Analisis Sekuritas Derivatif
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Sistem Informasi Keuangan


3. Konsentrasi Manajemen Pemasaran

Spesialisasi Manajemen Pemasaran (marketing) meliputi semua teknik pemasaran serta analisis untuk memenangkan persaingan baik di pasar lokal maupun di pasar internasional/ global. Strategi pemasaran dalam persaingan global tentu berbeda dengan persaingan lokal, oleh karenanya dibahas juga analisis perilaku organisasi internasional, perilaku konsumen pasar internasional/ global. Dengan demikian diketahui bagaimana caranya menaklukan pesaing dengan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan. Kemudian analisis pasar yang didasari pengetahuan yang komprehensif/ menyeluruh membuat mereka yang memilih konsentrasi pemasaran menguasai dan mampu menerapkan konsep-konsep, teknik-teknik pengelolaan perusahaan, serta mampu bekerja sama baik dengan bagian-bagian lain dalam perusahaan yang mempunyai hubungan erat dengan pemasaran maupun dengan perusahaan lain melalui berbagai bentuk kemitraan.

Mata Kuliah Konsentrasi:
 Pemasaran Internasional  Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
Pemasaran Stratejik   Perilaku Bisnis
 Metodologi Riset Pemasaran Manajemen Bisnis Retail
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi   Sistem Informasi Pemasaran

 

4. Konsentrasi Manajemen Kesehatan Rumah Sakit
Konsentrasi Manajemen Kesehatan Rumah Sakit memiliki tujuan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang diharapkan:
Memiliki pengetahuan yang mendalam tenang manajemen rumah sakit yang terpadu dengan sistem pelayanan kesehatan, Memiliki keterampilan dalam manajemen keperawatan, jasa rumah sakit dan sistem informasi rumah sakit, Memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk meningkatkan efektifitas, kualitas, dan efisiensi sistem pelayanan kesehatan rumah sakit.

Mata Kuliah Konsentrasi:
Manajemen Keperawatan Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
Manajemen Pemasaran Rumah Sakit   Manajemen Pelayanan Rumah Sakit
Metodologi Riset Rumah Sakit Bisnis dan Kewirausahaan Rumah Sakit
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Manajemen K3


5. Konsentrasi Wealth Management

Konsentrasi wealth management memiliki tujuan :

Memahami perkembangan ekonomi global, hubungan antara ekonomi dengan wealth generation, Memahami pengelolaan resiko global, Memahami pengelolaan asset (alokasi, diversifikasi dan kinerja portfolio),Memahami berberapa alternatif investasi

Mata Kuliah Konsentrasi:
Introduction to the wealth Management (Pengantar Wealth Management)   Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
Grow Wealth: Liquidity      Grow Wealth: Asset Management 
Metodologi Riset Wealth Management    Grow/ Protect Wealth: Alternative Invesments
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Grow/ Protect Wealth (Derivatives )

 

6. Konsentrasi Manajemen Pendidikan

Konsentrasi Manajemen Pendidikan memiliki tujuan pendidikan untuk menghasilkan lulusan sebagai manajer yang handal dalam bidang pendidikan yang memiliki pengetahuan, perencanaan, pengendalian dan pemecahan masalah dalam manajemen pendidikan.

Mata Kuliah Konsentrasi:
Manajemen Kurikulum Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi
Manajemen Pendidikan Teori Pendidikan & Pengajaran
Metodologi Riset Pendidikan Ekonomi Pendidikan
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Sistem Infomasi Pendidikan