Magister Manajemen (MM) Terakreditasi A
SK BAN 006/BAN-PT/Ak-V/S2/VIII/2006
SK BAN 006/BAN-PT/Ak-V/S2/VIII/2006
Program Studi Magister Manajemen (MM), yang didirikan pada tahun 1993 dan sampai saat ini telah memiliki alumni sekitar 1500 orang lebih dan mahasiswa yang aktif mencapai sekitar 400 orang. Alumni Program Studi MM sangat unik karena memiliki berbagai karakter, yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi dan era informatika, karena pendidikannya diarahkan agar alumni memiliki kemampuan menulis, kemampuan membaca dan kemauan belajar yang tinggi.
Komitmen Program Pascasarjana tidak diragukan lagi, baik menyangkut kualitas pendidikan yang sanggup bersaing, biaya pendidikan diusahakan terjangkau oleh masyarakat dan pelayanan yang efisien. Pelayanan selalu diusahakan prima. Program Pascasarjana selalu mengkaitkan kegiatan belajar mengajar untuk pembentukan leadership, intergritas dan pengembangan kompetensi alumni. Dengan pengalaman pengelolaan pendidikan selama sepuluh tahun dan komitmen pengelola yang tinggi terhadap kualitas, maka didirikan berbagai program studi lainnya.
Komitmen Program Pascasarjana tidak diragukan lagi, baik menyangkut kualitas pendidikan yang sanggup bersaing, biaya pendidikan diusahakan terjangkau oleh masyarakat dan pelayanan yang efisien. Pelayanan selalu diusahakan prima. Program Pascasarjana selalu mengkaitkan kegiatan belajar mengajar untuk pembentukan leadership, intergritas dan pengembangan kompetensi alumni. Dengan pengalaman pengelolaan pendidikan selama sepuluh tahun dan komitmen pengelola yang tinggi terhadap kualitas, maka didirikan berbagai program studi lainnya.
Kurikulum
Semester I | |
1. Ekonomi Manajerial | 3 SKS |
2. Manajemen Pemasaran | 3 SKS |
3. Manajemen Keuangan | 3 SKS |
4. Manajemen Sumber Daya Manusia | 3 SKS |
Semester II (Konsentrasi) * | |
1. Mata Kuliah Konsentrasi 1 | 3 SKS |
2. Mata Kuliah Konsentrasi 2 | 3 SKS |
3. Metodologi Riset** | 3 SKS |
4. Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi | 3 SKS |
Semester III | |
1. Manajemen Operasional | 3 SKS |
2. Manajemen Stratejik | 3 SKS |
3. Mata Kuliah Pilihan Umum | 3 SKS |
Mata Kuliah Pilihan Umum: | |
a. Metode Kuantitatif | |
b. Teori Pengambilan Keputusan | |
c. Studi Kelayakan Bisnis | |
Semester IV | |
Tesis | 6 SKS |
Total | 39 SKS |
*Dipilih tergantung konsentrasi
** Sesuai konsentrasi
Konsentrasi
Dalam rangka penyesuaian kebutuhan dalam dunia bisnis, perlu peningkatan sumber daya manusia yang mampu mengelola aspek-aspek bisnis, dalam suatu perusahaan yang bersaing baik dalam pasar nasional maupun internasional. Program MM UEU menawarkan konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut yaitu:
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Keuangan
3. Manajemen Pemasaran
4. Manajemen Rumah Sakit
5. Wealth Management
6. Manajemen Pendidikan
1. Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan aset yang aktif dalam penciptaan perusahaan. Pemanfaatan dorongan kesungguhan bersaing sumber daya manusia di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan baik lokal maupun internasional memerlukan analisis yang tajam sehingga pemanfaatannya dapat betul-betul optimal. Pemahaman akan sumber daya manusia, melalui teknik analisis fisik serta psikologis maupun dalam merumuskan motivasi kepada karyawan dan memerlukan pendekatan-pendekatan multidisiplin. Sesuai dengan perkembangan teknologi di segala bidang, maka pengelolaan sumber daya manusia serta pengembangannya memerlukan pendekatan-pendekatan yang tepat. Pada konsentrasi ini semua pengetahuan maupun praktek dan teknologi sumber daya manusia diberikan secara komprehensif
Mata Kuliah
Manajemen Kinerja | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik | Perilaku Organisasi |
Metodologi Riset Sumber Daya Manusia | Perencanaan Sumber Daya Manusia |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi | Sistem Informasi SDM |
2. Konsentrasi Manajemen Keuangan
Dalam konsentrasi manajemen keuangan diberikan analisis strategi serta mengerti fungsi utama dan keputusan penting yang harus diambil seorang manager keuangan, dan diharapkan menguasai konsep manajemen keuangan & teknik yang diperlukan untuk mengimplementasikan konsep tersebut dalam dunia nyata.
Mata Kuliah
Manajemen Keuangan Internasional | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
Analisis Investasi dan Manajemen Resiko | Institusi Depositori dan Pasar Modal |
Metodologi Riset Keuangan | Analisis Sekuritas Derivatif |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi | Sistem Informasi Keuangan |
3. Konsentrasi Manajemen Pemasaran
Spesialisasi Manajemen Pemasaran (marketing) meliputi semua teknik pemasaran serta analisis untuk memenangkan persaingan baik di pasar lokal maupun di pasar internasional/ global. Strategi pemasaran dalam persaingan global tentu berbeda dengan persaingan lokal, oleh karenanya dibahas juga analisis perilaku organisasi internasional, perilaku konsumen pasar internasional/ global. Dengan demikian diketahui bagaimana caranya menaklukan pesaing dengan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan. Kemudian analisis pasar yang didasari pengetahuan yang komprehensif/ menyeluruh membuat mereka yang memilih konsentrasi pemasaran menguasai dan mampu menerapkan konsep-konsep, teknik-teknik pengelolaan perusahaan, serta mampu bekerja sama baik dengan bagian-bagian lain dalam perusahaan yang mempunyai hubungan erat dengan pemasaran maupun dengan perusahaan lain melalui berbagai bentuk kemitraan.
Mata Kuliah Konsentrasi:
Pemasaran Internasional | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
Pemasaran Stratejik | Perilaku Bisnis |
Metodologi Riset Pemasaran | Manajemen Bisnis Retail |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi | Sistem Informasi Pemasaran |
4. Konsentrasi Manajemen Kesehatan Rumah Sakit
Konsentrasi Manajemen Kesehatan Rumah Sakit memiliki tujuan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang diharapkan:
Memiliki pengetahuan yang mendalam tenang manajemen rumah sakit yang terpadu dengan sistem pelayanan kesehatan, Memiliki keterampilan dalam manajemen keperawatan, jasa rumah sakit dan sistem informasi rumah sakit, Memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk meningkatkan efektifitas, kualitas, dan efisiensi sistem pelayanan kesehatan rumah sakit.
Mata Kuliah Konsentrasi:
Manajemen Keperawatan | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
Manajemen Pemasaran Rumah Sakit | Manajemen Pelayanan Rumah Sakit |
Metodologi Riset Rumah Sakit | Bisnis dan Kewirausahaan Rumah Sakit |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi | Manajemen K3 |
5. Konsentrasi Wealth Management
Konsentrasi wealth management memiliki tujuan :
Memahami perkembangan ekonomi global, hubungan antara ekonomi dengan wealth generation, Memahami pengelolaan resiko global, Memahami pengelolaan asset (alokasi, diversifikasi dan kinerja portfolio),Memahami berberapa alternatif investasi
Mata Kuliah Konsentrasi:
Introduction to the wealth Management (Pengantar Wealth Management) | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
Grow Wealth: Liquidity | Grow Wealth: Asset Management |
Metodologi Riset Wealth Management | Grow/ Protect Wealth: Alternative Invesments |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi | Grow/ Protect Wealth (Derivatives ) |
6. Konsentrasi Manajemen Pendidikan
Konsentrasi Manajemen Pendidikan memiliki tujuan pendidikan untuk menghasilkan lulusan sebagai manajer yang handal dalam bidang pendidikan yang memiliki pengetahuan, perencanaan, pengendalian dan pemecahan masalah dalam manajemen pendidikan.
Mata Kuliah Konsentrasi:
Manajemen Kurikulum | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
Manajemen Pendidikan | Teori Pendidikan & Pengajaran |
Metodologi Riset Pendidikan | Ekonomi Pendidikan |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi | Sistem Infomasi Pendidikan |